Penyebab Mata Hilang Penglihatan Secara Mendadak


Pernahkah Anda tiba-tiba hilang penglihatan alias mengalami kebutaan meski hanya sesaat?

Meskipun hanya sementara dan penglihatan Anda kembali lagi dalam beberapa saat, tentu kejadian ini bisa bikin Anda panik.

Berikut ini empat penyebab yang paling sering mengapa Anda bisa tiba-tiba hilang penglihatan.

1. Papilledema

Papilledema adalah suatu kondisi pembengkakan di daerah saraf mata. Papiledema bisa terjadi akibat dari peningkatan tekanan di kepala. Kehilangan penglihatan atau kebutaan akan terjadi pada kedua mata secara bersamaan.

Sering kali hilangnya penglihatan sesaat ini disertai dengan sakit kepala. Untungnya, hal ini biasanya hanya terjadi dalam hitungan detik. Setelah itu penglihatan Anda akan kembali. Alat terapi mata merupakan salah satu pencegah untuk membantu mengatasi dari peningkatan tekanan di kepala.

2. Amaurosis fugax

Hilangnya penglihatan pada salah satu mata tanpa disertai dengan rasa nyeri yang terjadi dalam hitungan detik hingga menit merupakan ciri khas dari pada kondisi ini.

Amaurosis fugax lebih sering terjadi pada Anda yang berusia di atas 50 tahun dengan riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan gangguan profil kolesterol (hiperlipidemia). Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah sumbatan pada pembuluh darah di daerah retina.

Pada beberapa kasus, terutama pada Anda yang mengalami kehilangan penglihatan selama lebih dari 90 menit, sumbatan dapat menetap dan kehilangan penglihatan dapat terjadi secara permanen. Pemeriksaan penunjang menggunakan CT scan dapat dilakukan untuk menilai keadaan pembuluh darah otak lainnya.

3. Insufisiensi arteri di otak (insufiesiensi vertebrobasiler)

Penurunan penglihatan secara mendadak pada kedua mata yang terjadi secara berulang tanpa disertai dengan rasa nyeri merupakan ciri khas kondisi ini. Tidak jauh berbeda dengan amarousis fugax, kondisi ini juga lebih sering terjadi pada Anda yang memiliki penyakit tertentu.

Pemeriksaan penunjang MRA (magnetic resonance angiography) mungkin perlu dilakukan selain CT scan. Pemeriksaan ini berguna untuk melihat pasokan darah ke area di belakang otak (occipital), batang otak, dan otak kecil. Gangguan aliran darah yang terjadi pada area-area itulah yang mungkin menyebabkan hilangnya penglihatan pada kedua mata secara tiba-tiba.

4. Migrain

Hilangnya penglihatan sementara (antara 10-60 menit) mungkin akan segera diikuti oleh sakit kepala hebat pada satu sisi (migrain). Kejadian ini akan berulang setiap kali serangan migrain datang. Migrain seperti ini biasa dikenal sebagai migrain dengan aura.

Hilangnya penglihatan pada keadaan seperti ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, penglihatan akan kembali sempurna setelah serangan migrain dapat diatasi. Akan tetapi, jangan pernah anggap remeh hilangnya penglihatan Anda walau hanya sementara.

Segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis mata terdekat untuk memastikan tidak ada masalah berarti pada mata atau pembuluh darah Anda secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar