Sendi Kaku Pagi Hari, Hati-hati Rematik


Jika Anda mengalami nyeri sendi atau bahkan sendi kaku ketika bangun tidur, jangan anggap itu karena salah posisi tidur. Faktanya, kondisi ini bisa jadi tanda awal dari rematik lho. Apa lagi tanda lain yang bisa muncul ketika kena rematik, ya?

Sendi kaku pertanda rheumatoid arthritis (rematik)

Salah satu gejala utama arthritis adalah nyeri sendi dan kaku yang biasanya memburuk seiring dengan pertambahan usia. Meski ada kondisi lain yang juga ditandai dengan gejala ini tetapi sendi yang kaku, kram, dan nyeri di pagi hari adalah satu tanda paling umum dari rheumatoid arthritis alias rematik

Rheumatoid arthritis atau rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri dan bengkak pada persendiannya. Biasanya, kerusakan sendi yang diakibatkan oleh rematik terjadi di kedua sisi tubuh diawali dari jari-jari tangan dan kaki.

Dari jari-jari tangan dan kaki, rasa nyeri bisa menyebar ke area pergelangan tangan, siku, lutut, pergelangan kaki, kaki, bahu, pinggul, hingga rahang.

Gejala awal rheumatoid arthritis

Di awal kemunculannya, rematik membuat Anda mengalami kaku, kram, dan nyeri sendi di jari-jari tangan serta kaki. Penyakit ini akan menyerang sisi kiri dan kanan sekaligus. Artinya jika jari telunjuk kiri Anda bengkak dan nyeri maka kondisi yang sama akan terjadi pada jari yang sama di sisi kanan Anda.

Biasanya kondisi ini hampir berlangsung setiap pagi selama kurang lebih satu hingga dua jam. Namun terkadang, rasa nyeri, kaku, dan juga kram ini akan terus berlangsung sepanjang hari dari bangun tidur hingga Anda kembali terlelap.

Selain kaku, kram, dan nyeri sendi di pagi hari Anda biasanya akan mengalami kelelahan. Kondisi ini akan berlangsung dalam hitungan minggu hingga bulan. Tak hanya itu, berbagai gejala lain yang biasanya muncul saat seseorang mengalami rematik yaitu:

- Sesak napas
- Demam
- Nyeri dada

Sebelum mengalami gejala diatas dan semakin buruk kondisinya, kami sarankan untuk mencegahnya dengan obat herbal khusus untuk sendi. Obat ini sudah banyak dipasarkan juga melalui situs belanja online. Selain itu Anda juga disarankan segera konsultasi ke dokter. Dokter akan menyesuaikan perawatan sesuai dengan keparahan kondisi.

Begini Cara Memilih Jam Tangan Sesuai Kepribadian


Buat wanita, selain anting-anting, kalung, atau cincin, jam tangan kerap menjadi aksesoris pilihan yang bisa melengkapi penampilanmu. Terlebih lagi, banyaknya variasi model dan bentuk membuat kita merasa tidak cukup bila hanya memiliki satu jenis saja.

Selain menunjukkan waktu, nyatanya jam tangan juga bisa menunjukkan kepribadianmu loh! Kotak atau bulat, mana pilihanmu?

Glamour

Jika kamu tipe orang yang tidak pernah absen dari setiap undangan pesta yang ada. Berusaha tampil elegan dengan riasan lengkap dan dress yang oke menjadi kewajiban yang selalu dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Untuk style glamour kamu, pilihlah jam tangan berbahan stainless steel dengan aksen permata yang bisa memberi kesan mewah pada penampilanmu.

Feminin

Seperti sifatmu yang lembut dan halus, kamu mungkin suka warna-warna pastel yang tidak ramai. Untuk mempermanis penampilanmu, kenakan saja jam tangan dengan tali yang tipis berwarna rosegold. Pilihlah bahan logam berbentuk rantai atau kulit dengan aksen yang cantik untuk menonjolkan lenganmu.

Classic

Jika sifatmu old school dan cenderung kaku untuk mengikuti trend terkini, tidak perlu pusing-pusing jam tangan yang tepat. Kamu paling cocok memilih jam tangan berbentuk kotak yang terbuat dari logam sehingga memberi kesan yang polos pada lenganmu. Silver, Black, or Brown, warnanya terserah kamu!

Quirky

Jika tak banyak orang paham dengan selera berpakaianmu, jam tangan dengan gaya yang unik tentu menjadi pilihannya. Walau busana yang kamu kenakan terkesan numpuk, colorful, atau bahkan tabrak motif, kamu justru nyaman menjadi diri sendiri.

Oleh kerena itu, untuk menyesuaikannya, kamu bisa pilih jam tangan dengan model yang unik layaknya gelang. Tali menumpuk atau model yang tak biasa, bahkan orang bisa mengiranya sebagai gelang!

Active

Sering berpetualang dan mencoba hal baru? Kamu tentu perlu jam tangan yang kuat dan tahan banting untuk menghadapi berbagai situasi. Tidak perlu terlalu banyak memikirkan model, kamu bisa pilih jam tangan yang umunya dipakai untuk olahraga atau aktivitas ekstrim. Jangan lupa untuk pastikan jam tangannya water resistant ya!

Futuristic

Modern dan siap menghadapi masa depan cocok bagi pekerja keras sepertimu. Bukan hanya jas dan sepatu kulit terbaru, kamu juga perlu memakai smartwatch yang dapat menunjang aktivitasmu. Pilih jam tangan analog dengan desain simpel dengan warna abu-abu atau silver sehingga tak ada alasan terlambat untuk bertemu rekan penting, bukan?

Jadi gimana, mana jam tangan yang tepat untuk gayamu?

3 Tips Awet Muda Ampuh dan Praktis


Tak bisa dipungkiri terlihat awet muda secara alami adalah dambaan setiap orang, untuk mendapatkannya pun dibutuhkan usaha dari awal sebelum usia tua mendatang. Contoh seperti rajin olahraga melakukan aktivitas fisik, menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Terakhir, yang paling penting yaitu tidak lupa untuk merawat tubuh agar tetap memiliki kulit sehat dan tampil awet muda.

Penuaan adalah proses alami yang akan dilalui oleh setiap orang dan tidak dapat dihindari. Namun, jika kamu menerapkan kebiasaan baik untuk mendapatkan kulit sehat awet muda sejak dini, penuaan dini bisa dihindari. Butuh komitmen untuk menerapkan pola hidup sehat dalam jangka panjang. Jika sudah dijalani dari awal, maka kamu akan terhindar dari tanda penuaan seperti rambut beruban, kulit keriput, pegal pegal dan lainnya.

Jadi apa saja tips awet muda praktis? Simak langkah-langkah mudah untuk tetap awet muda berikut!

Konsumsi Makanan Sehat


Nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat bisa menjadi pondasi kesehatan untuk di masa yang akan mendatang. Kandungan mineral pada sayuran, kalsium dari susu, serat dari biji-bijian, serta antioksidan dari buah-buahan bagus untuk kesehatan tubuhmu, membantu memperkuat tulang, menjaga kesehatan usus, juga melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Tidak perlu menjalankan diet makan ketat atau rumit untuk menerapkan pola makan sehat. Cukup perbanyak asupan buah-buahan, biji-bijiian, serta sayuran ke dalam menu makanan sehari-harimu. Hindari makanan terlalu banyak lemak dan garam, karena bisa berakibat buruk terhadap kadar kolesterolmu. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi untuk selalu menjaga kesehatan organ tubuhmu. Lalu, apa saja menu harian yang baik untuk menjaga kesehatan kulit agar awet muda secara alami?

  • Ikan: salmon, sarden, makarel
  • Sayuran: Paprika, brokoli, cabai, kubis
  • Kacang-kacangan: Kedelai, kenari, dan kacang rebus
  • Coklat hitam dan teh hijau, kaya akan antioksidan
  • Karbohidrat kompleks seperti: alpukat dan gandum
Mulai Terapkan Gaya Hidup Sehat

Mulai terapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan, dengan begitu kesehatan kulit juga akan mengikuti gaya hidupmu. Memiliki kulit awet muda tidak sulit lagi. Apa saja kebiasaan baik untuk menjalani gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari?

- Atur waktu tidurmu menjadi 8 jam sehari, memiliki pola tidur yang baik akan membawa kesehatan pada tubuh.
- Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok.
- Rajin beraktivitas fisik, lari pagi ataupun olahraga lainnya sesuai dengan olahraga favoritmu.
- Jika ada waktu luang, jangan berdiam tidur di kamar. Lakukan aktivitas yang membawa hal positif dengan menjalankan hobimu seperti traveling, fotografi, atau membaca buku favorit.
- Terakhir, yaitu murah senyum selain jadi terlihat lebih menarik, senyum juga bisa membawa efek muda lho.

Menggunakan Skin Care

Salah satu tanda penuaan yang sulit di atasi yaitu keriput. Selain dengan menjaga pola hidup sehat, agar kulit terlihat awet muda secara alami diperlukan perawatan kulit untuk kulit sehat maksimal. Lalu, apa saja usaha yang dapat dilakukan?

- Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya. Pakai baju dengan lengan panjang untuk menghindari sengatan matahari langsung.
- Rajin menggunakan lotion tubuh atau pelembab wajah agar kulit tetap lembab.
- Cuci wajah memang bagus, namun jangan dilakukan terlalu sering karena bisa berakibat kekeringan pada kulitmu.
- Memakai produk skin care yang memiliki kandungan Vitamin C, niacinamide, retinol, asam alfa hidroksi, AHA, dan koenzim.
- Ataupun dengan mengkonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C dan E, yang memiliki kandungan probiotik, nutrisi, serta antioksidan asam lipoat alfa yang bagus untuk regenerasi sel kulit.

Nah, itulah beberapa tips untuk kulit tampil awet muda. Yuk jangan cuma dibaca aja, lakukan tipsnya dan terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Hidup sehat dengan tubuh tetap fit akan membantumu mencegah penuaan dini.

Pakai Jam Tangan, Baiknya di Kiri atau Kanan?


Banyak orang menggunakan jam tangan di pergelangan tangan kiri, tapi apakah pakai di kanan salah? Menurut spesialis jam tangan, tidak ada jawaban pastinya. Hanya saja, pergelangan tangan yang paling sering dipakai untuk memasang jam adalah kiri.

Karena mayoritas populasi orang menggunakan tangan kanan, dan mahkota (atau pemutar jarum jam) biasanya ada pada bagian kanan, sehingga akan lebih mudah untuk mengaturnya menggunakan tangan kanan. Karena itu, jam tangan biasanya ada di tangan kiri.

Meski penggunanya kidal, mereka masih bisa lebih mudah mengatur jam pada tangan kanan karena penempatan mahkotanya. Tidak ada aturan di tangan mana harus memasang jam tangan, itu hanya tergantung pada bagaimana kenyamanan dalam mengatur latar jam.

Popularitas dari jam tangan cerdas pada merek seperti Apple, Sony, dan jam digital klasik seperti Forsta semakin membuat lebih banyak orang menggunakan jam tangan tanpa tuas pemutar dibandingkan sebelumnya. Tidak pengaruh di tangan mana jam itu digunakan.

Namun, jika Anda menggunakan jam tangan analog yang butuh disesuaikan dengan pemutar, tidak ada aturan baku mengenai tangan mana yang pas. Lakukan saja apa yang membuat Anda nyaman.

Menguasai Huruf Hijaiyah Penting dalam Belajar Alquran


Para Ustaz menilai faktor paling penting belajar Alquran adalah menguasai huruf-hurufnya. Untuk bisa lancar, pertama kuasai hurufnya.

Huruf hijaiyah jumlahnya ada 30. Tanda bacanya berjumlah delapan. Apabila seseorang menguasai huruf dan tanda baca, maka bisa membaca Alquran terbitan dari seluruh dunia.

Kalau hanya ingin sebatas membaca Alquran manapun seluruh dunia, cukup menguasai huruf dan tanda baca.

Sebenarnya ada 3 hal yang harus dikuasai untuk bisa membaca Alquran, yakni huruf, tanda baca, dan tajwid. Kendati huruf dan tanda baca adalah faktor penting dalam metode membaca Alquran, tetapi Anda tetap harus belajar tajwid. Tajwid membuat Anda bisa membaca Alquran dengan sempurna sesuai bacaan Rasulullah SAW.

Kalau hanya sekadar baca, (menguasai huruf dan tanda baca) itu boleh bagi yang pemula, lama-lama nanti lancar tajwid, wajib hukumnya.

Ustaz menjelaskan dalam belajar Alquran, huruf memegang komposisi 90 persen. Sementara tanda baca dan tajwid hanya memiliki kekuatan 10 persen. Apabila sudah menguasai huruf, maka 100 persen bisa lancar membaca Alquran.

Sudah keliatan, huruf adalah paling penting dan sangat penting. Kalau tidak lancar (membaca Alquran), pasti faktor huruf. Agar lebih mudah dalam belajar Al Quran, Anda bisa membeli Alquran bernama Al Fatih. Kenapa? Klik saja disini untuk penjelasan produknya.

Penyebab Mata Hilang Penglihatan Secara Mendadak


Pernahkah Anda tiba-tiba hilang penglihatan alias mengalami kebutaan meski hanya sesaat?

Meskipun hanya sementara dan penglihatan Anda kembali lagi dalam beberapa saat, tentu kejadian ini bisa bikin Anda panik.

Berikut ini empat penyebab yang paling sering mengapa Anda bisa tiba-tiba hilang penglihatan.

1. Papilledema

Papilledema adalah suatu kondisi pembengkakan di daerah saraf mata. Papiledema bisa terjadi akibat dari peningkatan tekanan di kepala. Kehilangan penglihatan atau kebutaan akan terjadi pada kedua mata secara bersamaan.

Sering kali hilangnya penglihatan sesaat ini disertai dengan sakit kepala. Untungnya, hal ini biasanya hanya terjadi dalam hitungan detik. Setelah itu penglihatan Anda akan kembali. Alat terapi mata merupakan salah satu pencegah untuk membantu mengatasi dari peningkatan tekanan di kepala.

2. Amaurosis fugax

Hilangnya penglihatan pada salah satu mata tanpa disertai dengan rasa nyeri yang terjadi dalam hitungan detik hingga menit merupakan ciri khas dari pada kondisi ini.

Amaurosis fugax lebih sering terjadi pada Anda yang berusia di atas 50 tahun dengan riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan gangguan profil kolesterol (hiperlipidemia). Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah sumbatan pada pembuluh darah di daerah retina.

Pada beberapa kasus, terutama pada Anda yang mengalami kehilangan penglihatan selama lebih dari 90 menit, sumbatan dapat menetap dan kehilangan penglihatan dapat terjadi secara permanen. Pemeriksaan penunjang menggunakan CT scan dapat dilakukan untuk menilai keadaan pembuluh darah otak lainnya.

3. Insufisiensi arteri di otak (insufiesiensi vertebrobasiler)

Penurunan penglihatan secara mendadak pada kedua mata yang terjadi secara berulang tanpa disertai dengan rasa nyeri merupakan ciri khas kondisi ini. Tidak jauh berbeda dengan amarousis fugax, kondisi ini juga lebih sering terjadi pada Anda yang memiliki penyakit tertentu.

Pemeriksaan penunjang MRA (magnetic resonance angiography) mungkin perlu dilakukan selain CT scan. Pemeriksaan ini berguna untuk melihat pasokan darah ke area di belakang otak (occipital), batang otak, dan otak kecil. Gangguan aliran darah yang terjadi pada area-area itulah yang mungkin menyebabkan hilangnya penglihatan pada kedua mata secara tiba-tiba.

4. Migrain

Hilangnya penglihatan sementara (antara 10-60 menit) mungkin akan segera diikuti oleh sakit kepala hebat pada satu sisi (migrain). Kejadian ini akan berulang setiap kali serangan migrain datang. Migrain seperti ini biasa dikenal sebagai migrain dengan aura.

Hilangnya penglihatan pada keadaan seperti ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, penglihatan akan kembali sempurna setelah serangan migrain dapat diatasi. Akan tetapi, jangan pernah anggap remeh hilangnya penglihatan Anda walau hanya sementara.

Segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis mata terdekat untuk memastikan tidak ada masalah berarti pada mata atau pembuluh darah Anda secara keseluruhan.

Inilah Perbedaan Air Putih Biasa dengan Air Mineral


Menyebut soal air minum, ada dua jenis yang kerap membingungkan, yakni air mineral dan air putih biasa.
 

Ya, keduanya memang sama-sama air dan aman diminum. Namun, kandungan, sumber dan manfaatnya bagi tubuh jelas berbeda.

Anda termasuk penikmat produk air minuman kemasan? Beberapa produk kerap disebut air mineral. Padahal, jika dibandingan dengan air putih biasa, rasanya sama. Lalu apa bedanya?

Air putih biasa

Air putih sangat mudah didapatkan, bisa dengan memasak atau mensterilkan air keran, sumur, danau, sungai atau air dari sumber lainnya. Asalkan sudah terjamin aman, air tersebut bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Kandungan dalam air putih biasa adalah satu atau dua atom hidrogen. Minum air putih bisa mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh tetap fit, serta membantu detoksifikasi tubuh. Bagaimana dengan air mineral?

Air mineral
Disebut air mineral lantaran mengandung mineral, baik alami maupun buatan. Dari segi sumber, air mineral hanya didapat dari daerah kaya mineral.

Beberapa mineral yang ditemukan biasanya bervariasi, seperti zat besi, seng, kalsium dan magnesium.

Jika dibandingkan dengan air putih, air mineral adalah sumber nutrisi yang baik, sehingga banyak bermanfaat bagi tubuh. Adapun manfaat air mineral di antaranya membantu menjaga berat badan tetap ideal, menyehatkan kulit, membantu kinerja otot, meningkatkan kesehatan otot, menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan air minum mineral dan air biasa.