Inilah 4 Asupan Gizi untuk Meningkatkan Daya Otak Balita


Asupan makanan yang seimbang, dengan kelengkapan gizi dan nutrisi, merupakan kunci tumbuh kembang otak balita. Masa-masa balita adalah masa pertumbuhan yang paling pesat. Maka, orangtua pun sebaiknya memerhatikan kebutuhan gizi anak balita.

Berikut ini beberapa asupan gizi atau nutrisi yang mendukung tumbuh kembang otak balita.

Karbohidrat

Otak memerlukan persediaan glukosa yang stabil dan konstan. Makanan berkabohidrat, terutama karbohidrat kompleks merupakan sumber gizi yang baik, yaitu roti gandum utuh, kentang, polong-polongan, pasta, dan gandum utuh.

Protein

Dalam satu hari, tubuh anak, termasuk otak, membutuhkan sekitar 15-20 persen energi total yang berasal dari sumber protein. Protein terdapat pada daging merah, unggas, telur, serta produk susu. Protein terbentuk dari 25 asam amino, yang penting untuk membuat neurotransmiter atau penyampai pesan otak. Asam amino ini bisa didapatkan dari ikan, produk susu, teluar, atau oat.

Lemak
Otak tersusun dari 60 persen lemak, yang berasal dari makanan. Sehingga pada akhirnya, tipe lemak yang dikonsumsi anak dapat memengaruhi komposisi lemak di otaknya. Lemak yang paling berguna untuk otak adalah asam lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega 3, dalam bentuk EPA dan DHA.

Vitamin dan Mineral
Fungsi otak dipengaruhi oleh variasi asupan makanan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Penting untuk diketahui bahwa balita membutuhkan vitamin dan mineral, yang jauh lebih banyak bila dibandingkan kebutuhan orang dewasa. Dalam hal ini adalah vitamin A, C, E, Vitamin B, kalsium, hingga magnesium.

0 komentar:

Posting Komentar